Langsung ke konten utama

Makanan Berbuka Puasa Bebahan Dasar Ikan di Palembang: Salah Satunya Pempek!


Makanan Berbuka Puasa Bebahan Dasar Ikan di Palembang: Salah Satunya Pempek!


Ketika memasukin bulan Ramadhan seluruh umat Muslim menyambut dengan suka cita. Bulan seribu bulan inilah membuat semua umat muslim mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Menahan lapar dan haus salah satunya untuk tidak membantalkan puasa. Setelah menahan lapar dan haus dan tibanya berbuka puasa. Biasanya pada bulan Ramadahan pengeluaran belanja makanan membengkak karena banyak keinginan membeli makanan untuk berbuka puasa. Selaian itu, ada yang menyebutkan lapar mata atau hasrat yang melimpah akibat lapar dan haus jadinya semua makanan atau minuman ataupun hendak dibeli semua.

Sebagai orang Palembang dari keturunanya dan tinggal di Palembang maka saya akan memberikan beberapa makanan berbuka puasa berbahan dasar ikan yang kaya akan protein hewani karena terbuat dari ikan, kadangkala ditambah telur dan udang. 
Singkat cerita, sewaktu saya kuliah di Depok dan pernah berpuasa di Depok itu sempat kebingunan mau mencari makanan berbuka puasa khas Depok dan mencari kemana sih makanan itu? Ada Banyak yang berjualan di lorong-lorong dan pinggir jalan kos-kos an tetapi bingung ini rasanya enak tau tidak, manis atau asin. lucu lah sempat bingung dengan yang namanya Biji Salah. Hihi... 

Nah, buat teman-teman yang merantau di Kota Palembang ada baiknya membaca rekomendasi makanan dibawa ini: 

1. Pempek
Makanan satu ini sudah terkenal se nusantara, makanan khas Palembang yang terbuat dari Ikan dan dimakan dengan Cuko yang rasanya pedas dan sedikit manis serta asam. Ada beberapa bentuk pempek yaitu:lenjer, telor kecil, keriting, tahu, adaan, kulit, serta pempek kapal selam (pempek telur besar). 


Pempek

Untuk dapat menikmati pempek, teman-teman dapat membelinya

  • Toko Pempek Flamboyan di daerah Plaju dan jalan Radial
  • Toko Pempek Sentosa di daerah Plaju
  • Toko Pempek Candy di Jalan Demang Lebar Daun, Jalan Kapten Arivai, Simpang Polda, Jalan Tanjung Api-api menju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.
  • Toko Pempek Vico di Jalan Letkol Iskandar
  • Toko Pempek Pak Raden di Jalan Radial.
  • Sentra Pempek 26 Ilir, Sekanak dan tangga Buntung, serta di daerah kenten dan Kalidoni.

2. Lenggang
Makanan mirip pempek tetapi di bakar dalam wadah daun pisang dan ditambahkan telur dan dibakar diatas arang. Aroma daun pisang bercampur dengan telur sangat menggugah selera dan jangan lupa di makan dengan cuko ditambah ebi dan potongan ketimun. 

Lenggang


3. Model Tahu

Sama seperti pempek tahu tetapi ukurannya lebih besar dan dimakan bersama kuah seperti sop dengan rasa gurih dari kepala udang. Dalam kuah model di tambahkan cincangan ketimun, irisan bengkoang, jamur kuping serta bawang goreng. 
Rasa hangat dari merica serta sambal cabenya membuat tubuh semakin segar dan bersemangat. 
Model dapat dibeli di beberapa lokasi sama halnya dengan pempek. 
Model
Sumber: Okezone lifestyle



4. Tekwan
Makanan ini kuahnya seperti Model Tahu tetapi yang membendakan adalah bentuk tekwan bulatan kecil seperti bakso tetapi tidak beraturan, sedikit kejal karena ditambahkan putih telur. perbedaan pada kuah tekwan ditambahkan soun. Sama-sama lezat tergantung dari kesukaan mau pakai tahu atau cuma pentol tekwan. Anda dapat membeli tekwan sama seperti model dan pempek. 

Tekwan


5. Laksan
Bentuk laksan seperti pempek lenjer tetapi sedikit gepeng dan dipotong-potong. Berkuah santan berwarna merah dari udang dan cabai tetapi tidak begitu pedas. Rasa gurih dari udang dan santan serta aroma bawang serta daun gando (Bahasa Palembang) membuat Laksan begitu menggoda untuk dimakan. Untuk meningkat selera kepedasannya dapat menambahkan sambal cabe yang berberwarna hijau.
Tidak semua toko pempek menjual laksan, teman-teman dapat membeli di daerah 26 dan 27 ilir, tangga buntung, Kertapati serta Pasar Bedug di setiap kelurahan.

Laksan


6. Celimpungan
Serupa dengan Laksan, Celipungan berkuah santau berwarna kuning kehijuanan. Warna kuah ini berasal dari kunyit dan beroma harum kunyit ini bercamour dengan gurihnya ikan gabus di dalam kuah celimpungan. Celimpungan berbentuk bulat seperti tekwan tetapi ukurannya lebih besar. Untuk sambal berwarna merah sehingga ketika ditambakan sambal kuah celimpungan agak berubah warna menjadi hijau kemerahan dan ditambahkan bawang goreng. Hmmm sungguh menggoda. Sama seperti laksan, teman-teman dapat mencari makanan ini di daerah 26 dan 27 ilir, tangga buntung, Kertapati serta Pasar Bedug di setiap kelurahan.



Celimpungan
 Sumber: tempatwisata.id

Selamat menikmati makanan berbuka puasa, semoga puasa kita bernilai ibadah ya... Akan kita bahan makanan yang lainnya. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Event] Ngobrol Sehat Area Kewanitaan Bareng Hijup X Softex Daun Sirih

[Event] Ngobrol Sehat Area Kewanitaan Bareng Hijup X Softex Daun Sirih

Hijup dan Softex Daun Sirih mengadakan meet up bareng blogger Palembang pada Sabtu, tanggal 12 Mei 2018 di Benteng Kuto Besak Restaurant. Alhamdulillah, beruntungnya Saya berkesempatan hadir dalam acara ini, senang sekali karena Softex yang telah dikenal oleh seluruh wanita di Indonesia pada tahun 70an ini mengeluarkan produk dengan bahan tambahan alami. Acara ini bertajuk:
Ngobrol Sehat, Bebas Worry

Saya sangat senang bisa hadir di event HijupBloggers Meeut Up X Softex Daun Sirih ini karena salah satunya bisa beretmu dengan teman-teman blogger, menikmati suasana Benteng Kuto Besak Resto dan yang paling penting menambah ilmu seputar area kewanitaan. 

Sebelum bercerita keseruan acara meetup ngobrol sehat ada beberapa yang membuat saya worry, yaitu: 

Pernah gak sih kalian merasa tidak nyaman di area kewanitaan? Saya pernah kadang suka becek dan bau gitu? Banyak Isu tentangpembalut seperti dibuat dari bahan bekas dan mengg…

Wisata Kuliner Bubur Ayam Sumsum Khas Palembang

Wisata Kuliner Bubur Ayam Sumsum Khas PalembangMenjadi warga Palembang sungguh menyenangkan, betapa tidak  karena banyak sekali kuliner tempo dulu yang sangat menggugah selera. Banyaknya variasi makanan khas Palembang inilah menjadi daya tarik orang yang berkunjung untuk dapat menikmati wisata kuliner disini.  Salah Satu makanan yang harus dinikmati adalah : "Bubur Ayam Sumsum Khas Palembang"
Lokasi kuliner ini terletak di pinggir Jalan Merdeka dan sebelah kiri Jalan Temon, jalan ini merupakan tempat bermukimnya orang Palembang Asli yang sering di kenal dengan Palembang Bari. Orang Palembang terkenal rajin membuat berbagai jenis makanan untuk dinikmati pada waktu pagi dan sore hari. 

Bubur Ayam Sumsum ini berada di Kios kecil dengan konstruksi khas Palembang, masih dengan pintu kios kayu yang berupa potong-potongan yang dapat disambung dan kursi untuk pengungjung pun masih kursi dan meja kayu biasa tanpa ornamen khas restoran atau kafe yang kekinian ataupun elite. Di Bagian depa…

Pengelolaan Sampah di Palembang Menjadi Pupuk Organik Yaitu Patraganik

Beberapa waktu lalu saya berkesempatan mengunjungi tempat pembuatan Pupuk oragnik yang didirikan oleh PT. Pertamina atas Proposal Pak Yusuf. Singkat Cerita, Pak Yusuf yang dulu pernah bergabung dengan perusahaan Pupuk mengikuti pelatihan yang diadakan Pertamina dan karena kerisauan hatinya melihat tumpukan sampah yang menggunung. Akhirnya, Pertamina pun menyambut proposal Pak Yusuf dan membuat "Kawasan Pengelolaan Sampah Terintegrasi Binaaan PT. Pertamina". 
"PATRAGNIK, YAITU KAWASAN PENGELOLAAN SAMPAH TERINTEGRASI BINAAN PT. PERTAMINA"


Melalui program CSR, Pertamina memberikan bantuan mesin pencacah rumput, pencacah plastik dan mesin pencucui plastik. Selain itu, ada beberapa bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Propinsi Sumatera Se;atan, seperti motor pengangkut sampah. Pupuk yang dihasilkan berupa pupuk organik yang dipasarkan bisa melalui 
partai besar maupun perorangan. 



selain itu, ada area tabulapot sekalian memanfaatkan pupuk oranik yang dibuat. Berag…