Jumat, 11 Mei 2018

Kenali Bumbu Rempah Dapur Basah buat Ibu Muda

Kenali Bumbu Dapur Basah buat Ibu Muda


        Masakan Indonesia kaya akan cita rasa rempah yang menggugah selera makan. Selain itu, Indonesia dikenal dengan surganya rempah-rempah. Konon dalam sejarah dicatat bahwa negara-negara penjelajah Portugis Vasco Da Gama mencapai India dan Maluku. Rempah-rempah ini pula yang menyebabkan Belanda kemudian menyusul ke Maluku. 
Rempah-rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma atau memiliki rasa kuat yang digunakan dalam jumlah kecil di makanan sebagai pengawet atau perisa bumbu pada masakan. 
Sumber: Just & Try


Kali ini sebagai ibu muda yang masih belajar memasak, saya akan menampilkan beberapa bumbu rempah dapur basah:


1. Bawang Merah 
    Bawang merah adalah salah satu varietas tumbuhan berumbi yang dapat hidup di dataran tinggi. Kulit dan dagingnya yang berwarna ungu kemerahan membuat umbi ini disebut bawang merah. Bawang merah mengandung antioksidan yang dalam jumlah besar. Selain itu juga mengandung Vitamin dan beberapa mineral. 
bawang merah menjadi kunci utama dalam berbagai masakan nusantara. Hampir seluruh daerah di Indonesia menggunakan bawang merah dalam olahan kulinernya. Bawang merah mampu menonjolkan rasa masakan dan memberikan rasa gurih terutama untuk masakan pedas yang menggunakan Cabai seperti bumbu balado, atau sambal tumis. Bawang merah mentah banyak digunakan untuk bumbu acar. Selain itu, dapat digoreng sebagai pelengkap aroma misal untuk sate, soto, nasi goreng dan banyak lagi. 

Bawang Merah


2. Kunyit 
 Salah satu tanaman rempah-rempah yang masuk dalam kelompok jahe-jahean atau zingiberaceae. Nama lain kunyit adalah kunir (curcuma domestica val). Di Indonesi, khusunya Jawa, Kunyit banyak digunakan sebagai ramuan jamu. Selain menciptakan aroma yang khas, kunyit sering digunakan sebagai pewarna alami pada masakan. Beragam masakan tradisional khas Indonesia seperti, opor ayam, nasi kuning, hingga olahan gulai, semuanya menggunakan kunyit sebagai campuran bumbu bumbu rempah-rempah.
Kunyit

3. Jahe 
    Jahe merupakan bumbu masakan berbentuk akar-akar atau rimpang. sekilas mirip lengkuas. Dengan aroma khas pedas atau hangat. Jahe memiliki warna coklat muda dan ada juga yang berwarna merah. Untuk masakan dapat ditambahn untuk tumisan, semur atau masakan berkuah misal Sop. Selain itu, jahe sering dibuat minuman hangat pada musim penghujang, misal Sekoteng atau Wedang Jahe. 

Jahe


4. Lengkuas
    Nama lain Lengkuas adalah laos. Lengkuas berbentuk padat, oval dan bulat besar berwarna kemerahan. Dengan aroma harum dan mempunyai rasa gurih serta sedikit manis itulah menyebakan lengkuas digunakan sebagai bumbu rempah maakan nusantara. 
Jenis masakan yang menggunakan lengkuas contohnya adalah sayur asem, rendang, balado, dan lainnya. Umumnya lengkuas digunakan untuk menonjolkan rasa dari bumbu-bumbu pedas berbahan dasar bawang merah dan  Cabai. Lengkuas juga bisa dimanfaatkan sebagai kremes atau serundeng untuk masakan yang digoreng misalnya ayam goreng atau empal goreng. 


Lengkuas/Laos


5. Kencur
    Kencur juga termasuk bumbu rempah akar-akaran atau rimpang. Rasa dan aroma kencur sangat khas. Jika Ibu pernah makan gado-gado, rasa khas dalam bumbu kacang itu adalah kencur. Karena rasanya yang segar dan aromanya yang harum, kencur sering digunakan untuk campuran bumbu berbagai masakan seperti sambal oncom, urap, rempeyek, bumbu pecel dan seablek serta aneka sayuran berkuah  (saya jarang menambahkan kencur pada makanan berkuah).

Kencur
6. Sereh
    Termasuk dalam katagori bumbu rempah rerumputan, serai tergolong bumbu rempah dapur basah yang sering digunakan. Serai juga sering disebut dengan Lemon grass. Aroma yang harum menyerupai Lemon inilah yang membuat serai disebut Lemon grass tetapi rasanya tidak begitu khas. Biasanya, serai hanya dimemarkan, diiris, atau dihaluskan (bagian putihnya saja) bersama bumbu lainnya. Masakan Indonesia sering mengandung serai dalam kandungan bumbu. Contoh masakan yang menggunakan serai biasanya masakan berempah banyak seperti rendang, soto, rawon, tumis-tumisan, dan masakan lainnya yang biasa ditemui di berbagai tempat nusantara. 

Serai



      Dari 6 bumbu diatas yang saya sering digunakan adalah, bawang merah, kunyit, jahe, lengkuuas, dan serai untuk memasak pindang. Di Sumatera Selatan, pindang merupakan gulai ikan dengan aroma harum dan rasa yang pedas dan hangat sehingga bumbu di atas sering digunakan sebagai meningkatkan cita rasa masakan nusantara. 
Ayoo.. Ibu-ibu muda belia belajar masak, terutama masakan nusantara dan kenali bumbu rempah basah yang mudah ditemukan di pasar tradisional. 



Sumber: 
www.kerjanya.net/faq/18280-kunyit.html
https://lifestyle.okezone.com/read/2017/06/18/298/1719052/kaya-rempah-bunga-pekak-kapulaga-hingga-andaliman-yuk-lebih-jauh-mengenal-rempah-indonesia
https://resepkoki.id/2017/07/10/5-rimpang-khas-indonesia-untuk-bumbu-masakan/
http://www.faunadanflora.com/mengenal-jenis-tanaman-rempah-d-indonesia-serta-manfaat-dan-kegunaannya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar