Sabtu, 30 Desember 2017

Wisata Kuliner Bubur Ayam Sumsum Khas Palembang

Wisata Kuliner Bubur Ayam Sumsum Khas Palembang

Menjadi warga Palembang sungguh menyenangkan, betapa tidak  karena banyak sekali kuliner tempo dulu yang sangat menggugah selera. Banyaknya variasi makanan khas Palembang inilah menjadi daya tarik orang yang berkunjung untuk dapat menikmati wisata kuliner disini. 
Salah Satu makanan yang harus dinikmati adalah :
"Bubur Ayam Sumsum Khas Palembang"
Kios Tampak Depan 

Lokasi kuliner ini terletak di pinggir Jalan Merdeka dan sebelah kiri Jalan Temon, jalan ini merupakan tempat bermukimnya orang Palembang Asli yang sering di kenal dengan Palembang Bari. Orang Palembang terkenal rajin membuat berbagai jenis makanan untuk dinikmati pada waktu pagi dan sore hari. 

Bubur Ayam Sumsum ini berada di Kios kecil dengan konstruksi khas Palembang, masih dengan pintu kios kayu yang berupa potong-potongan yang dapat disambung dan kursi untuk pengungjung pun masih kursi dan meja kayu biasa tanpa ornamen khas restoran atau kafe yang kekinian ataupun elite. Di Bagian depan terdapat etalase yang sebagai tempat meletakan "printilan" bubur ayam dengan tulisan Bubur Ayam Sumsum. 

Kios bubur ayam buka setiap hari ini antara Pukul 06.00 sampai dengan jam 11.00 atau sampai habis stok bubur. Dalam kios ini terdapat 2 penjual, yaitu penjual bubur ayam dan minuman. 
ika mau mencoba kuliner ini pada hari minggu pagi, maka bersiap lah untuk antri mendapatkan tempat duduk karena banyak yang makan kesini setelah berolah raga ataupun pengunjung yang sekendar mencari sarapan pagi bersama kelurga. 

Yai, Nama yang sering di Panggil pekerja di kios Bubur Ayam Sumsum meracik bubur ayam dengan cekatan. Bubur nasi yang telah disiapkan pekerja ditambah dengan KUAH KECAP KHAS DENGAN SUMSUM SAPI siap diracik "yai" dengan tambahan ayam suir dengan tekstur halus dan lembut, daun seledri, bawang goreng dan emping melinjo. Kita dapat merequest telor ayam rebus sebagai tambahan dan lada (merica) bubuk untuk menambah aroma dan rasa yang khas pedas. 
Tak kalah lezat jika ditambah dengan sambal merah encer dan ditumis ala kadarnya sedangkan untuk tingkat kepedasannya cukup standar. Silahkan dinikmati agar tidak "ngences".

Untuk minuman pun bervariasi ada teh hangat, teh susu, kopi hitam dan kopi hitam susu. Selain itu khas yang lain biasa dinikmati oleh pengunjung pria yaitu memesan telor ayam kampung mentah yang dapat dinikmati dengan mecampur telor ayam dan lada (merica) bubuk dan kocok lepas dengan sendok dan siap di minum. wooow, Saya belum pernah menikmati tradisi ini. 
Telor Ayam Kampung dan Lada Bubuk



Harga

Untuk dapat menikmati kuliner ini tidak menguras kantong karena harganya relatif murah.Untuk bubur ayam sumsu berkisar antara 10ribu sampai dengan 15ribu rupiah tergantungan jika menambah telor rebus atau tidak. Minuman pun demikin dimana harganya berkisar antara 5rb sampai dengan 8ribu rupiah. 

sebagai infomasi tambahan di sebalah kios ini masih banyak terdapat jualan makanan khas Palembang seperti Lakso, Laksan, Burgo dan Pempek selain itu ada kue-kue seperti kojo, srikayo dan lain-lain. 

Mari nikmati kuliner khas Palembang selagi berkunjung di Bumi Sriwijaya.. 


Happy Wisata Kuliner!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar